7 Tips Cari Kerja di Internet Agar Tidak Tertipu

Advertisement

Membutuhkan tips cari kerja di internet? Jangan bingung dan khawatir, karena mencari lowongan pekerjaan itu amatlah mudah dan sederhana. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari kerja lewat internet agar tak tertipu. Seperti apa cara atau tips untuk mencari lowongan pekerjaan di internet? Berikut ini adalah 7 tips cari kerja di internet yang baik dan benar.

1. Cari di Situs yang Terpercaya  

Sebaiknya, kita mencari lowongan pekerjaan di situs yang benar-benar terpercaya. Jangan hanya asal menggunakan sebuah situs saja. Periksa, apakah situs itu benar-benar terpercaya atau tidak. Situs lowongan kerja yang berkualitas biasanya menyertakan alamat dan identitas situs yang jelas. Penjelasan atau informasi tersebut biasanya bisa dibaca di salah satu halaman situs.

2. Pastikan Informasi yang Ditampilkan Valid

Lowongan pekerjaan di internet itu sangat banyak. Namun tak semuanya bisa dipercaya. Ada iklan lowongan pekerjaan yang muncul untuk menipu saja. Karenanya, pastikan informasi yang ditampilkan oleh sebuah situs itu valid. Misal ada lowongan pekerjaan sebagai admin di sebuah perusahaan. Periksalah apakah perusahaan yang membuka lowongan admin tersebut benar-benar ada atau cuma tipuan belaka.

3. Hindari Situs yang Informasinya Tak Lengkap

Banyak situs lowongan pekerjaan di internet yang tak mencantumkan informasi secara lengkap. Biasanya hanya ada jenis pekerjaan yang bisa dilamar dan nama perusahaannya. Informasi seperti ini tentu kurang jelas. Carilah situs yang menjelaskan semuanya. Mulai dari nama perusahaan, alamat si perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, sampai kriteria dan syarat apa saja yang dibutuhkan.

4. Berhati-hati Terhadap Lowongan dari Perusahaan Besar

Kita tentu sering menemui lowongan pekerjaan dari sejumlah perusahaan besar kaliber nasional. Contohnya seperti Pertamina, Semen Indonesia, Indofood, atau Gojek. Berhati-hatilah terhadap lowongan pekerjaan via internet yang membawa nama perusahaan besar Indonesia. Biasanya, itu adalah tindak penipuan. Perusahaan besar biasanya membuka rekrutmen melalui situs perusahaannya secara langsung.

5. Hubungi Kontak yang Tertera

Jangan pernah ragu untuk menghubungi kontak yang tertera di sebuah situs lowongan kerja. Pastikan bahwa kontak yang tampak itu benar-benar aktif dan memang mewakili perusahaan yang mencari kerja. Jika kontaknya meragukan dan kurang valid, pastikan untuk segera menghindari. Jangan sampai tertipu dengan situs yang kontaknya tak jelas sama sekali.

6. Periksa Profil Perusahaan yang Membuka Lowongan

Banyak perusahaan fiktif yang muncul untuk menipu orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Perusahaan fiktif ini memang jadi sesuatu yang menyusahkan. Karenanya, dalam tiap lowongan kerja yang kita baca, pastikan untuk selalu memeriksa profil perusahaan tersebut. Cari tahu secara mendalam, apakah perusahaan tersebut memang benar ada dan terdaftar, atau cuma penipu.

7. Baca dengan Teliti Syarat dan Kriteria

Kita mungkin bisa dengan mudah menemukan lowongan pekerjaan di internet. Namun jangan lupa untuk membaca syarat atau kriteria yang dibutuhkan dalam sebuah lowongan. Jangan sampai salah dalam melihat ketentuan yang berlaku. Pasalnya, hal itu jadi syarat yang harus dipenuhi. Jangan sampai salah mendaftar. Misalnya kita hanya lulusan SMA, tapi mendaftar di lowongan yang minimal pendidikannya adalah S1.

Itu tadi beberapa tips cari kerja di internet dengan baik dan benar. Perhatikan semua tips yang sudah disampaikan tadi untuk menghindari segala macam penipuan. Jangan sampai salah memilih situs atau terjerumus ke informasi lowongan pekerjaan yang menyesatkan.

Advertisement

Tinggalkan komentar